Prinsip-prinsip Agama Kristen

Pertemuan  2

Agama Kristen

 

Indikator Pencapaian Kompetensi substansi kajian

Setelah mengikuti perkuliahan topic ini, mahasiswa dapat:

1 .        menjelaskan  agama Kristen sebagai agama Historis

2.         menjelaskan dasar-dasar  agama Kristen

3.         menjelaskan masuknya agama Kristen ke nusantara

Materi Kuliah

  1. 1.  Pengertian Agama Kristen sebagai agama historis

Agama Kristen memiliki keterkaitan dengan peristiwa-peristiwa yang sesungguhnya terjadi dalam sejarah. Agama Kristen mengajarkan tentang Yesus Kristus yang pernah hidup di bumi. Yesus dipercayai sebagai “Jala Kehidupan Kekal” (bandingkan Injil Yohanes 3:16;17:1-3). Agama Kristen bermakna penyerahan diri secara aktif untuk mengikuti Yesus sebagai Jalan Keselamatan Abadi. Pengikut Yesus adalah sekaligus murid Yesus. Pada zaman gereja mula-mula, para pengikut Yesus diberi julukan “orang-orang Kristen” artinya mereka yang mengikuti Yesus dan menjalankan ajaran-ajaran-Nya.

  1. 2.  Dasar-dasar Agama Kristen
  2. Alkitab

Sumber kesaksian tentang kehidupan orang beriman adalah Alkitab. Dengan Alkitab, manusia dituntun untuk bertumbuh dan menuju kedewasaan iman. Dalam Alkitab terdapat dasar-dasar iman Kristen yaitu:

-mengaku percaya kepada Yesus sebagai Juru Selamat

-mengaku percaya bahwa Roh kudus menuntun kepada kebenaran.

Kumpulan kitab-kitab yang diakui oleh gereja-gereja Kristen disebut kitab kanonik. Kitab kanonik dijadikan sebagai norma bagi kehidupan Kristen dan sebagai sarana untuk mengenal Allah.

  1. Pengakuan Iman Kristen.

Iman Kristen menuntut pengakuan bahwa Yesus adalah Kristus (bandingkan Injil Matius 16:15-16).  Pengakuan tersebut berkembang  dengan aneka rumusan seperti pengakuan iman rasuli, pengakuan iman nicea, dan pengakuan iman Atanasius. Dalam konteks Indonesia, gereja Indonesia memliki Pemahaman Imn Bersama yang merupakan bagia dari Lima Dokumen Keesaan Gereja.

  1. Janji Keselamatan

Janji keselamatan merupakan bagian integral dari karya-karya penciptaan dan pemeliharaan Tuhan dalam diriYesus Kristus.

Tuhan dengan rencana-Nya yang melaksanakan proses peneguhan janji keselamatan, walaupun manusia tak mampu memahaminya secara utuh.

Analisis terhadap Kitab Kejadian 3:15

Melalaui keluarga Abraham, muncul umat Israel. Umat Israel dipahami Allah untuk memenuhi janji-janji keselamatannya. Nabi Yesaya bernubuat tentang kedatangan seorang Putera yang disebut Imanuel yang berasal dari keturunan Daud. Di sini Nampak bahwa Tuhan bertindak sebagai Raja yeng menderita, melindungi dan memelihara umat-Nya, tetapi mengangkat harkat dan martabat manusia kembali.

Dr. Verkuyl berpendapat bahwa manusia telah benar-benar menjadi manusia berdosa. Kejatuhan manusia dalam dosa tidak berarti manusia kehilangan kasig Tuhan. Tuhan tetap menyatakan kasih-Nya dalam Yesus Kristus.

3. Masuknya Agama Kristen ke nusantara

Sejarah Agama Kristen di Indonesia erat kaitannya dengan bangsa Portugis di Maluku, yaitu di Ternate pada tahun 1522. Portugis menyebarkan Agama Katolik.  Kemudian bangsa Belanda tiba di Indonesia pada tahun 1602 mendirikan kongsi dagang yang bernama VOC , sekaligus dimulainya penyebaran Agama Kristen Protestan.

Agama Kristen sering diidentikan dengan kolonialisme, padahal orang-orang Kristen banyak juga yang ikut perjuangan pergerakan kemerdekaan, seperti Dr. Ratulangi, Adi Sucipto, Dr. Leimena, Dr. TB. Simatupang. Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) juga ikut dalam pergerakan kemerdekaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>